Berita Duka: Pencipta Ampli Gitar ‘Marshall’ Meninggal Dunia






Dr. Jim Marshall, seorang yang dijuluki sebagai “Lord of Loud” atas karya rintisannya yaitu sebuah ampli gitar merk ‘Marshall’ yang digunakan oleh beberapa nama-nama musisi besar dalam musik rock, meninggal pada 5 April 2012 kemarin di usia 88 tahun.
Pria yang berjasa membantu membentuk suara gitar rock itu, diduga meninggal saat ia tidur. Seperti disadur dari pemberitaan BBC News, Jim Marshall sudah menderita stroke beberapa tahun terakhir, dan menderita kanker pada akhir tahun 2011.
Jim Marshall
Jim Marshall, pencipta ampli Marshall, lahir di London pada tahun 1923. Sebelum memasuki bisnis dan mendirikan Ampli Marshall pada tahun 1962, ia adalah seorang drummer. Saat itu musisi yang pada awalnya menggunakan ampli Marshall adalah Jimi Hendrix dan Eric Clapton.
Semasa hidupnya, Jim Marshall adalah sosok yang bersahaja dan mulia. Pada tahun 2003 beliau menerima penghargaan atas pengabdian terhadap musik dan amal. Beliau banyak menyumbangkan jutaan uangnya untuk hal-hal yang mulia, termasuk menyumbangkan uang untuk Royal National Orthopaedic Hospital di Stanmoredan.
Bagi para musisi, Jim Marshall adalah seorang legendaris yang sangat berjasa dalam dunia musik, khususnya musik rock. Seperti dilansir dari KapanLagi, Ampli ‘Marshal’ dan spesifikasi untuk musikrock buatannya memang sangat berkarakter sehingga seluruh rocker dunia menyukainya.
Ungkapan belasungkawa atas meninggalnya sosok yang pernah dianugerahi penghargaan The Queen Award For Export pada tahun 1984 itu, juga disampaikan oleh Slash Snakepit (mantan gitaris Guns N’ Roses) dan Dave Mustaine (Megadeth) lewat akun twitter mereka.

0 VOICES: